Senin, 16 Februari 2009

RANTAU – Selama 2 hari, tanggal 30 Desember dan 1 Desember 2008 lusa, Dinas Sosial, Kependudukan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tapin akan menggelar menggelar latihan gabungan penanganan bencana. Pelatihan bakal dilaksanakan oleh Tagana Tapin dan Tagana Kalsel, di Lapangan Dwi Dharma Rantau, sekira pukul 09.00 wita.

Hal itu diungkapkan oleh KadinSosduk dan Naker Kabupaten Tapin Rahman Ramli kepada koran ini, kemarin. ”Pelatihan ini digelar dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana di Tapin, termasuk antisipasi penanganan bencana musim hujan. Kegiatan ini sekaligus untuk menindaklanjuti surat edarah dari Gubernur Kalsel tentang kesiapan kabupaten dan kota di Kalsel dalam rangka penanggulangan bencana musim hujan,” beber Rahman.

Pelatihan ini, kata Rahman, selain diikuti oleh anggota Tagana Tapin juga akan diikuti pula oleh anggota Tagana dari kabupaten lainnya, seperti HST, HSS, dan dikoordinatori oleh Tagana Provinsi Kalsel.

Ditambahkan Koordinator Tagana Tapin, Sugiri, saat latihan nanti akan diisi dengan latihan simulasi penanganan bencana, seperti bongkar pasang tenda, bongkar pasang perahu karet, operasional dapur umum, serta evakuasi korban.

”Jadi, seluruh peserta perkabupatan nantinya akan memperlihatkan kemahirannya dalam memasang dan membongkar tenda, hingga memasang perahu karet, dan melihat kesiapan dapur umun, hingga evakuasi korban,” kata Sugiri.

Sementara itu, saat ditanya kesiapan Tagana Kabupaten Tapin sendiri dalam menghadapi bencana diakui Sugiri sudah siap. ”Seluruh perlengkapan, mulai dari tenda, peralatan dapur umum, hingga perahu karet semuanya sudah ready on, alias siap dipergunakan. Begitu juga dengan kesiapan logistik atau bufferstok pun sudah tersedia di posko Tagana. Mulai dari beras, mie instan, sarden, kecap, sambal botol, minyak goreng, pakaian lengkap, selimut, kid wear, family kid, food fear, makanan bayi, dan terpal.

Disebutkan Sugiri, untuk Kabupaten Tapin pihaknya juga sudah mengantisipasi beberapa daerah yang diperkirakan sebagai daerah rawan banjir, seperti di Kecamatan Binuang, Piani, Kecamatan Tapin Selatan, Tapin Utara, dan Bakarangan.

”Bagi Urang Tapin, apabila di daerahnya terjadi bencana banjir, Anda dapat lapor atau menghubungi Posko Tagana Tapin di Nomor HP 08135151977 atau frekuensi radio 14.977 herz. Insya Allah petugas kami akan langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan,” beber Sugiri, yang sudah berpengalaman menolong korban banjir di Tapin ini.

Sebagai informasi tambahan kata Sugiri, pada Hari Senin bertepatan dengan apel peningkatan disiplin PNS, nanti akan diselipi dengan acara penyerahan perlengkapan pakaian kerja lapangan untuk anggota Tagana dan insentif Tagana selama 11 bulan, oleh Wakil Bupati Tapin Drs H Achmad Fauzi MAP. Untuk perbulannya akan diberikan Rp50 ribu perbulan. Untuk Tapin ada 31 anggota Tagana yang mendapatkan insentif tahun 2008 ini dari Depsos RI, Jakarta. Insentif ini disalurkan langsung melalui rekening anggota yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar